Pengalaman menggunakan JR Tokyo Wide Pass (JR Kanto Area Pass)

Dear my blog… Lama gak nulis gara gara sibuk menyibukan diri sendiri. 😁

Kali ini mau sharing pengalaman tentang tiket yang worthy banget dibeli buat  jalan jalan di area tokyo, kanto dan sekitarnya, namanya JR Tokyo Wide Pass (sebelumnya dikenal JR Kanto Area Pass).

 JR Tokyo Wide Pass ini adalah tiket khusus yang berlaku buat pemegang passport non-jepang (buat makhluk asing yang wisata/tinggal di jepang. Sorry to say alien, hewan dan tumbuhan gak bisa karena butuh nunjukin passport buat belinya 👽 #noted).

JR Tokyo Wide Pass
Tiket JR Tokyo Wide Pass (nyawa selama 3 hari)

Keuntungan dari JR Tokyo Wide Pass ini bisa sepuasnya traveling pake pake kereta JR (termasuk Shinkansen dan Limited express trains) dan kereta non-JR tertentu selama 3 hari berturut-turut (tanggal ditentuin saat pembelian).  Harganya reasonable bange buat jalan jalan keluar tokyo pake Shinkansen atau Limited express trains (bisa hemat sampe 70%). Harga tiketnya 10.000 yen buat dewasa, 5000 yen buat anak usia 6-11 tahun.

Buat info lebih detail rute, kereta dan daerah mana aja yang dicover JR Tokyo Wide Pass bisa ditengok di Web JR Tokyo Wide Pass dan perbandingan keuntungan pake JR Tokyo Wide Pass sama tiket biasa plus rekomendasi tempat yang worthy buat dikunjungin bisa diintip di Japan Guide JR Tokyo Wide Pass informasinya lengkap banget. Sasuga japan!!

Awal mulanya kita beli tiket JR Tokyo Wide Pass ini buat pergi ke tempat bersalju di winter kali ini buat bikin olaf ⛄️. Keuntungan pake JR Tokyo Wide Pass ini pas musim dingin yaitu bisa pake shinkansen sampai ke Gala Yuzawa Snow Park dan dapet berbagai tawaran discount!

Akhirnya kita beli tiket ini setelah maju mundur dan sempet udah sampe disana kita lupa bawa passport dan akhirnya harus balik lagi ke apato buat bawa passport dulu  😂 so jangan lupa passport guys.

JR Tokyo Station

Syarat Pembelian dan Tempat Pembelian JR Tokyo Wide Pass

Jangan lupa bawa PASSPORT (karena lupa bawa passport itu sakitnya disini 💔). Selain di Tokyo Station JR Tokyo Wide Pass bisa dibeli di beberapa outlet JR East Travel Service Center Narita airport, Haneda airport, shinagawa station, shinjuku station, shibuya station, ikebukuro station, ueno station, yokohama station dan mito station.

JR East Travel Service Center di Tokyo Station

Transportasi yang dicover sama JR Tokyo Wide Pass 

  1. Unlimited kereta local, rapid, express, limited express and shinkansen dibawai  JR East di region Kanto dan juga sebagian wilayah Nagano, Niigata, Yamanashi and Shizuoka Prefectures.
  2. Unlimited kereta non-JR trains (local, rapid, express and limited express):
  • Fujikyu Railway untuk Fuji Five Lakes
  • Izukyu Railway di Izu Peninsula
  • Kereta JR/Tobu limited express antara Shinjuku, Tobu-Nikko dan Kinugawa Onsen
  • Tobu Railway antara Tobu-Nikko and Kinugawa Onsen
  • Joshin Railway untuk Tomioka Silk Mill di Gunma Prefecture
  • Tokyo Monorail untuk Haneda Airport
  • Saitama New Shuttle antara Omiya dan Railway Museum
  • Rinkai Line di pusat Tokyo
Rute yang dicover oleh JR Tokyo Wide Pass

Gratis biaya Seat Reservations

Ohiya satu lagi keuntungan gede pake JR Tokyo Wide Pass yaitu free seat reservations buat kereta express, limited express sama shinkansen gratis. Jadi sebelumnya mendingan tujuan tempat jalan jalan ditentuin dulu dan dicari rutenya via Hyperdia contohnya, supaya bisa langsung reservasi kursi (terutama kalau perginya di hari libur). Kita kemarin juga sebelumnya reservasi kursi dulu buat limited express sama shinkansen selama 3 hari ke tempat tujuan kita. Reservasi kursi bisa dilakuin di kantor JR ticket (midori no madoguchi), travel service center atau information center, langsung bilang aja rute dan jadwalnya sama petugasnya sambil nunjukin JR Tokyo Wide Pass nya. Selain itu kalau kita mau ngerubah waktu keberangkatan atau ngebatalin reserved seat juga bisa langsung minta tolong petugasnya dengan nunjukin reserved seat ticket sebelumnya dan tiket JR Tokyo Wide Pass ke petugas. Di reserved seat tiket ada info nama kereta/shinkansen, jadwal, car number (nomor gerbong kereta), sama seat number (nomor tempat duduk).

Contoh reserved seat ticket

Biaya traveling daerah Kanto tanpa JR Tokyo Wide Pass:

  1. Nikko 3,000 yen (Tobu Railways), 10,000 yen (shinkansen)
  2. Fuji Five Lakes 3.500 yen (bus), 7.000 yen (limited express train)
  3. Shimoda 12.000 yen (limited express train)
  4. Kusatsu Onsen 10.000 yen (limited express train
  5. Karuizawa 10.000 yen (shinkansen)
  6. Gala Yuzawa 10.000 yen (shinkansen)
  7. Kamakura 2.000 yen

Dan kita memutuskan 3 hari itu jatuh kepada

#day1 tujuan utama Kawazu Sakura Festival 🌸 Izu Peninsula, Shizuoka Prefecture pake limited express train Odoriko.

Kawazu zakura festival, izu peninsula

#day2 tujuan utama main salju di Gala yuzawa snow resort ☃ Niigata Prefecture pake Shinkansen Max Tanigawa/Max Toki (shinkansen dua lantai)

Gala Yuzawa Snow Resort

#day3 Karuizawa, Nagano Prefecture tujuan gak jelas 😂 pake shinkansen Hakutaka/Asama

Prince Shopping Center Karuizawa

So, pastinya untung banget donk.. Kalo gak pake JR Tokyo Wide Pass total biaya perjalanan nyampe 30.000 yen lebih. Jadi bisa hemat sekitar 70% 😍

References : Jr East Website , Japan Guide Website dan pengalaman pribadi

-We travel not to escape life, but for life not to escape us-

Author: Chemist_29

Sebaik-baiknya manusia diantara kamu adalah yang paling banyak manfaatnya untuk sesama manusia (HR Bukhari dan Muslim)

59 thoughts on “Pengalaman menggunakan JR Tokyo Wide Pass (JR Kanto Area Pass)”

  1. untuk reservasi kursi shinkansen bisa dilakukan pada hari yang sama kan ya? misal saya ingin ke karuizawa tgl 2 september, bisa reservasi di tanggal itu untuk hari itu kan ya?

    Like

    1. Bisa mas, dilakukan sebelum jadwal keberangkatan, selama kursi masih tersedia.. bisa ganti jadwal (reschedule) juga sebelum keberangkatan..

      Kecuali untuk antisipasi weekend, golden week atau di musim liburan lainnya lebih baik booking dan reserved seatnya sekalian juga sebelumnya.. Beberapa jenis shinkansen ada juga gerbong untuk kursi yang non-reserved tapi itu gak jamin dapet, jadi mending reserved seat aja sebelumnya kalau pas kira2 lg musim liburan..

      Like

  2. kalau beli tokyo wide pass itu kita bisa nentuin tanggal waktu mulai aktifnya gak ya? soalnya saya kan sampai narita tanggal 22 Des malem, besoknya ke disneysea. Jadi butuh Pass nya mulai tanggal 24 Des. Kalau saya pas sampai tanggal 22 Des, bisa beli untuk aktif tanggal 24 Des gak ya?

    Like

  3. Haloo mba
    Mau tnya bbrpa pertanyaan ya mba
    Hehe
    1. kmren ke kawazu sakura tgl brp ya mba?
    Apa sakuranya udh mekar? Saya pengen ksna feb tgl 10an tp ktnya blm tntu mekar pda tgl itu (walaupun festivalnya udh mulai).
    Jd saya tkt2an ksna atau engga
    Tkt rugi ksna jauh2 tp sakura blm mekar

    2. Jd keuntungan pake TWP buat ke gala cm diskon tiket rental sm diskon tiket buat ski doang ya mba? 10% aja? Buat sled dan slaen ski ga diskon?
    Dan apa udh trmasuk tiket masuk? Atau bayar lgi?

    3. Klo saya ksna berdua sm tmn saya, apa bsa saya cm sewa sled, tmn saya sewa ski, trs makenya gantian mba?
    Apa tmpt main ski dan sled jdi 1?

    Thank you mba

    Like

    1. Halo juga mbaa..
      Jawab:
      1. Tgl 16 februari mba, pas kesana udah mendekati full bloom mba.. Tapi tiap tahun sakura full bloom nya biasanya bergantung cuaca mba (suhu, matahari) jadi bisa beda minggu peaknya.
      Rekomendasi saya sih di minggu ketiga februari-akhir februari kalo mau dateng kemungkinan peaknya kayanya mba.. Saya biasa ngecek di instagram dari minggu2 sebelumnya liat perkembangan mekarnya sakura biar pas kesana udah bagus 😀 (gak mau rugi)

      2. Diskon buat tiket masuknya mba (ini refer tahun lalu)
      – Tiket Main salju aja (termasuk gondola pp + rental sled, boots, gloves gratis)
      Diskon TWP : dewasa dari 2600 yen -> 1300 yen | anak 1500 yen -> 1000 yen
      – Tiket Main ski/snowboard (termasuk one day lift pass + tiket locker + 10% rental alat ski, baju dll + 10% pelajaran ski)
      Diskon TWP : dewasa dari 5600 yen -> 3100 yen | anak 3300 yen -> 1550 yen

      3. Bisa aja mba.. Tempat mainnya jadi satu cuma dibatasin sama jaring2 aja kalau buat main sled biasanya yang bawa anak2 kecil atau cuma pengen main salju aja. Kalau ski/snowaboard sebelahnya naik lagi pake lift ke atas buat meluncurnya (pake tiket yg udah termasuk tadi) , cuma kalau gantian artinya harus gantian baju sama alat2 lainnya juga pas mau main ya 😀

      Like

  4. iya mbak saya barusan cek harga buat main salju nya naik jadi jpy 2000, hiks sedih saya wkwk, TWP bisa buat ke narita jg kan ya mbak?

    Like

  5. Hai mba, sy rencana mau ke gala januari 2017, kalau sy beli tokyo jr pass. Berarti untuk main salju pake sled di gala cukup bayar 2000ÂĽ ya, bener gak? atau itu belum termasuk tiket masuk atau enterance ticket ke gala?
    Mohon bantuannya 🙂

    Like

  6. hai mba, salam kenal 🙂

    jr tokyo wide pass ini apakah bisa dipakai / termasuk untuk line jr dalam kota tokyo, misal nya yamanote line yg melalui banyak tempat2 wisata dalam kota tokyo ?

    ke haneda airport apakah juga bisa menggunakan ini ?

    terima kasih banyak

    Like

  7. Salam kenal kak, Rencana sy mau berlibur ke jepang bulan januari tanggal 13-20. Itinerary sy ingin bermain ke gala yuzawa, pertanyaan sy… apakah dengan membeli jr tokyo wide pass itu bisa langsung masuk ke gala yuzawa?maksudnya tidak perlu membeli tiket lagi (sekitar 4600yen dewasa) jadi hanya membayar 2000yen saja misalnya utk bermain sled/salju saja sesuai promo yg ditawarkan. dan apakah promo tsb hanya boleh memilih 1 saja atau gmn? dan brp lama waktunya apakah fullday atau halfday?dan rencananya sy juga ingin pergi ke fuji, tujuan stasiun kawaguchi apakah TWP jg mengcover? terimakasih 😀

    Like

    1. Salam kenal jg mba,
      Untuk masuk ke gala yuzawa snow resort harus beli tiket lagi tergantung mau main salju aja pake sled atau ski/snowboard harga tiket masuknya beda..

      -main salju buat pemegang tiket JR tokyo wide pass, tiket masuknya tahun ini 2000 yen (including gondola pp, sled, gloves, boots)

      -main ski/snowboard tiket masuknya 3100 yen (including gondola n lift pp, tiket locker) untuk perlengkapan ski/snowboard harus rental terpisah diskon 10%

      Maksudnya memilih satu gmn ya mba? Semuanya berlaku tinggal pilih aja..

      JR tokyo wide pass juga mengcover fujikyu railway buat ke kawaguchiko mba 😀

      Like

  8. halo mba, mau tanya dong klo mau ke gala yuzawa ini naik shinkansen, berhenti nya di echigo-yuzawa ya seperti reserved ticket mba? gabisa lgsg ke gala yuzawa stationnya?
    terus tmpt main ski sm sled dipisah ya?

    terimakasih

    Like

  9. halo mba Nova, mau nanya nih :
    1.JR Tokyo Wide Pass nya itu bisa beli harian/24jam? kl bs harga brp?
    2.rencana mendarat di airport Narita. apa bisa dr Narita ke Shinjuku dengan JR ini?
    3.Jika dari Shinjuku mau full day dari pagi – malam mau ke Gn.Fuji lalu ke gala yuzawa bikin Iternary yg baik seharian itu bgmn mba Nova?

    trims,mohon petunjuk

    Like

  10. misi mba mba tanya tentang 3 hari nya itu misal saya aktifin sabtu sore , berakhirnya senin sore 3 tanggal atau selasa sore ? terima kasih mba

    Like

  11. infonya berguna sekali mba. apa pass ini bisa untuk ke Niigata city dari tokyo pakai shinkansen? krn saya lihat ada Joetsu shinkansen di dlm map nya. Terima kasih mba….

    Like

  12. Hi mba Nova salam kenal saya Christine, mau tanya kanto pass ini apakah bisa dipakai sampai ke Ashigaka flower park – Tochigi dan Hitachi Seaside park-Ibaraki ?

    Like

  13. kalo dari shinjuku ke daerah gunung fuji pake JR Tokyo Wide Pass ini brapa lama ya kira2?
    trus disananya menuju ke beberapa tempat wisata naik apa mbak?

    Like

  14. hi, saya mau tanya jr wide pass ini cuman berhenti di statiun besar seperti shinjuku langsung ke ikebukuro, atau masih melewati statiun kecilnya juga? berhubung tmpt menginap di statiun kecil higashi jujo dekat ikebukuro, makasih

    Like

  15. Hi Sis…
    Salam kenal.. waktu travelling bulan apa? Bisa dapet salju plus sakura? Saya rencana jln januari 2018..
    1 lagi.. resto untuk makan disana bnyk pilihan kah Sis?
    Makasiihh…

    Like

  16. Mbak boleh minta contact nya?
    Kalo saya 3 hari di tokyo. Sehari nonton konser di tokyo dome, sehari mau ke gala yuzawa, sehari mau explore tokyo masih worth it nggak beli JR wide pass?

    Like

  17. mau tanya…
    1. kalau ke kawaguchiko pake rokyo wide pass apakah smua tercover? dari otsuki station ke kawaguchiko station apakah tercover juga?
    2. untuk reserve seat pakai twp apakah harus dibayar lagi? bagaimana reservenya? kalau sudah direserve dan ketinggalan kereta, bagaimana dan apa yang dilakukan?
    3.apakah kereta odoriko express juga tercover twp?

    Like

    1. 1. iya mba bisa tercover semua selama naik jalur kereta yang dilist JR Tokyo wide pass (menggunakan local JR dan Fujikyu railway untuk ke kawaguchiko) bisa cek ke website resminya https://www.jreast.co.jp/e/tokyowidepass/index.html?src=gnavi (kalau mau pake limited ada tambahan fee) 🙂
      2. gak bayar lagi mba kalau memang termasuk JR Tokyo Wide Pass tinggal pesan di counter resmi di stasiun. kalay ketinggalan bisa reserve lagi, kalau mau gante jadwal juga bisa 🙂
      3. iya mba tercover 🙂

      Like

  18. Haaii, salam kenal. Lagi nyari info tentang Tokyo Wide Pass dan akhirnya nemu blog ini. Hehehe. Mau tanya dong, kalo beli Tokyo Wide Pass pada hari yang sama, bisa langsung dipake gak ya?

    Jadi tgl 15 April saya rencana berangkat dari Osaka pake Willer Bus, nyampe Tokyo tgl 16 pagi dan baru mau beli Tokyo Wide Pass dan mau langsung dipake ke Gala Yuzawa. Soalnya kalo baca-baca katanya kalo reservasi shinkansen itu gak bisa same day, harus minimal 1 hari sebelumnya. Mohon pencerahannya 😀

    Terima kasih~~

    Like

  19. Halo Mba mau tanya sebenarnya kalau kita mau ke gala yuzawa saja untuk pulang pergi sudah lebih murah pakai TWP yah. Krn sekali jalan saja ke gala sudah sekitar 6000 an yen jadi bolak balik 12.000 yen. benar tidak? Makasih

    Like

  20. Salam Kenal mbak,

    terima kasih untuk infonya yah. Saya rencana akan ke Nikko PP dengan TWP dari Shinjuku. Nah di Nikko sta saya harus naik apa yah kalau maau ke Shinkyo Bridge & Rinnoji temple. Apakah saya haru beli tiket bus terusan ? apabila iya bagaimana caranya ? Terima kaassih

    Like

    1. Salam kenal juga,
      Sama2 terima kasih sudah membaca :).
      Untuk ke shinkyo bridge cukup naik kereta (masih dicover TWP) sampai JR atau Tobu Niko station lalu jalan kurang lebih 20-30 menit atau bisa naik bus juga sekitar 5 menit (200 yen sekali jalan).

      Kalau ke Rinnoji temple, jalan sekitar 30-40 menit dari JR/Tobu Nikko station atau naik bus sekitar 10 menit (310 yen sekali jalan)

      Like

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started